Jumat, 12 April 2013

Polarisasi Cahaya

Cahaya merupakan transversal dimana yang menjadi penghambatan jika arah getar medan magnet tegak lurus dengan arah getar medan listrik. Jika suatu medan listrik diketahui arah getarnya maka arah getar medan magnet pun juga diketahui. Peristiwa ini disebut sebagai peristiwa polarisasi acak ( random ). Polarisasi yang acak dapat diubah menjadi polarisasi dengan beberapa cara :
1. Pemantulan , polarisasi melalui pemantulan merupakan suatu peristiwa dimana gelombang masuk namun tidak dipolarisasikan dan memiliki komponen-komponen medan listrik yang sejajar dengan bidang datang anak panah dan komponen-komponen yang tegak lurus terhadap bidang ini (titik). 
2. Hamburan , polarisasi melalui hamburan cahaya yang tidak dipolarisasi yang merambat pada arah z masuk ke pusat hamburan pADA titik awal. cahaya yang dihamburkan pada arah x dipolarisasikan pada arah y dAN cahaya yang dihamburkan pada arah y dipolarisasi pada arah x. dsb.

Sudut brewster adalah sudut untuk mana sinar datang dipantulkan secara spekuler hingga menjadi terpolarisasi linier. Sudut Brewster terjadi jika sinar bias dan sinar pantul saling teak lurus satu sama lain. 

semoga ini bermanfaat :)
Referensi 
Jewett, serway. 2010. "FISIKA UNTUK SAINS DAN TEKNIK EDISI VI BUKU II". Jakarta : Salemba Teknika
Pedrotti, L. Frank. 1987. " INTRODUCTION TO OPTICS". USA : Prentice-Hall International,Inc.'
Sutrisno. 1979. "SERI FISIKA DASAR GELOMBANG FISIKA DAN OPTIC ) . Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar